Cara install Cloudlinux di VPS [how to]

Cara Install CloudLinux di VPS - NimeTech.com

Apa itu CloudLinux

Untuk kalian yang sudah lama dalam dunia hosting pasti sudah pernah mendengar dan tak asing lagi tentang CloudLinux. CloudLinux merupakan Sistem Operasi ditujukan dan sering di pakai oleh provider shared hosting. Sebelum kita membahas terkait cara install Cloudlinux di VPS, apa sih kegunaan dari Cloudlinux itu? salah satu fungsi atau kegunaan Cloudlinux adalah untuk memberi batasan pada setiap user (priviledge user) yang mana user satu dengan user lainnya tidak bisa saling akses, selain itu dengan menggunakan Cloudlinux kalian bisa memberikan batasan penggunaan resource di setiap paket shared hosting.

Cloudlinux adalah turunan dari sistem operasi CentOS, CloudLinux versi awal di luncurkan pada tahun 2010. Kemudian pada 6 Februari 2011 Cloudlinux mengumumkan bahwa telah kompatibel pada sistem operasi Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

Cara Install CloudLinux di VPS

Di artikel ini merupakan cara install Cloudlinux di VPS apabila di VPS kalian sudah terinstall CentOS/RHEL. CloudLinux ini hanya support convert dari sistem operasi CentOS/RHEL saja apabila kalian menggunakan Ubuntu/Debian kalian bisa reinstall dahulu sistem operasinya ke CentOS/RHEL. Berikut ini langkah-langkah installnya.

  1. Download script installasi

Untuk menginstall Cloudlinux di CentOS kalian perlu download script installasinya, untuk langkah-langkahnya berikut ini :

yum install -y wget
wget https://repo.cloudlinux.com/cloudlinux/sources/cln/cldeploy

Jika sudah kalian download script installasinya dan sebelum ke langkah installasinya pastikan dahulu kalian telah membeli license key dari Cloudlinux.

  1. Install Cloudlinux

Di langkah installasi ini terdapat 2 cara installasinya, yang mana jika kalian membeli license key Cloudlinux ada 2 metode aktivasinya yang pertama dengan input activation key saat menjalankan command installasinya seperti berikut ini :

sh cldeploy -k <activation_key>

Atau yang kedua installasi Cloudlinux dengan aktivasi melalui IP-based dengan command installasi seperti berikut ini :

sh cldeploy -i

Selanjutnya jika proses installasi selesai kalian bisa reboot dahulu VPS/Server kalian dengan command berikut ini :

reboot
  1. Cek Installasi

Setelah proses instalasi dan reboot VPS/Server selesai untuk melakukan pengecekan, kalian bisa jalankan command berikut ini :

cat /etc/redhat-release

Jika hasilnya kurang lebih seperti berikut ini :

# cat /etc/redhat-release
CloudLinux release 7.3

Maka proses installasinya sudah berhasil.

Kesimpulan

Dengan menerapkan Cloudlinux di VPS/Server merupakan salah satu langkah proteksi atau keamanan pada sisi user priviledge sehingga antar satu user dengan user lain ada pembatasnya, dan ketika terjadi tindakan hacking maka yang terkena dampaknya hanya di satu user yang memiliki security yang low itu saja. Dengan artikel Cara install Cloudlinux di VPS kalian juga bisa memahami apa itu Cloudlinux, kegunaannya dan bagaimana cara installnya di vps/server.

Kami NimeTech.com dalam melayani Jasa Manage VPS/Server memberikan opsi untuk menginstall Cloudlinux ini atau tidak kepada klien jika dalam 1 VPS/Server digunakan untuk berbagai website.