Cara Install Ruby di Linux [how to]

Cara Install Ruby di Linux - NimeTech.com

Apa itu Ruby

Buat sebagian developer tentu sudah mengetahui bahasa pemrograman yang satu ini kan? Ya, Ruby merupakan salah satu bahasa pemrograman Object Oriented Programming (OOP) dari beberapa bahasa pemrograman yang ada. Ruby juga sering digunakan sebagai bahasa pemrograman dalam pembuatan website sehingga Ruby juga di kategorikan sebagai bahasa pemrograman dinamis seperti PHP (Source : WikiPedia). Bagaimana cara install Ruby agar dapat dijalankan di Linux? berikut ini cara install Ruby di Linux

Cara Install Ruby di Linux

Untuk menginstall Ruby di Linux terdapat 3 cara. Pertama install dari repository, kedua menggunakan rbenv, dan yang terakhir menggunakan rvm.

  1. Install Ruby dari Repository

Cara pertama install Ruby yang paling mudah yaitu install Ruby dari repository. Untuk command installnya kalian cukup menjalankan command berikut ini :

Ubuntu

sudo apt install ruby-full -y

CentOS

yum install ruby -y

Kemudian cek hasil installasinya dengan menggunakan command cek versi Ruby berikut ini :

ruby --version
  1. Install Ruby dari rbenv

Cara kedua kalian dapat install Ruby dengan menggunakan rbenv. rbenv merupakan tool Ruby version management yang mana jika kalian mempunyai beberapa versi Ruby di Linux kalian dapat melakukan penggantian versinya. Untuk menginstall Ruby dengan rbenv kalian perlu install dependeciesnya terlebih dahulu dengan command berikut ini :

Ubuntu

sudo apt update
sudo apt install git curl libssl-dev libreadline-dev zlib1g-dev autoconf bison build-essential libyaml-dev libreadline-dev libncurses5-dev libffi-dev libgdbm-dev

<

h4 id=”CentOS0″>CentOS

yum update
yum install -y git curl zlib-devel openssl-devel readline-devel libyaml-devel
yum groupinstall -y "Development Tools"

Selanjutnya download rbenv untuk menginstall Ruby dengan command berikut ini :

curl -sL https://github.com/rbenv/rbenv-installer/raw/master/bin/rbenv-installer | bash -

Setelah file rbenv terdownload kalian perlu melakukan export PATH dari rbenv tersebut ke .bashrc dengan command berikut ini :

echo 'export PATH="$HOME/.rbenv/bin:$PATH"' >> ~/.bashrc
echo 'eval "$(rbenv init -)"' >> ~/.bashrc
source ~/.bashrc

Jika sudah coba cek dahulu command rbenv dengan melakukan cek version dari rbenv tersebut menggunakan command berikut ini :

rbenv -v

Ketika rbenv sudah bisa dijalankan saatnya kalian install Ruby dengan command berikut ini :

rbenv install 2.5.1
rbenv global 2.5.1

Untuk memastikan apakah sudah terinstall dengan benar kalian bisa cek melalui command cek Ruby version berikut ini :

ruby --version
  1. Install Ruby dari rvm

Cara terakhir untuk melakukan installasi Ruby yaitu dengan rvm. rvm ini sama dengan rbenv yaitu Ruby Version Manager dan mempunyai sama dengan rbenv sebelumnya. Untuk menginstall Ruby melalui rvm kalian harus install dependenciesnya seperti rbenv sebelumnya, dengan command berikut ini :

Ubuntu

sudo apt update
sudo apt install curl g++ gcc autoconf automake bison libc6-dev libffi-dev libgdbm-dev libncurses5-dev libsqlite3-dev libtool libyaml-dev make pkg-config sqlite3 zlib1g-dev libgmp-dev libreadline-dev libssl-dev

CentOS

yum update
yum install -y curl zlib-devel sqlite sqlite-devel openssl-devel readline-devel libyaml-devel
yum groupinstall -y "Development Tools" 

Jika dependencies sudah terinstall kemudian jalankan command berikut ini, untuk download gpg key dan file rvmnya dengan command :

gpg --keyserver hkp://keys.gnupg.net --recv-keys 409B6B1796C275462A1703113804BB82D39DC0E3 7D2BAF1CF37B13E2069D6956105BD0E739499BDB
curl -sSL https://get.rvm.io | bash -s stable

Kalau rvm sudah terinstall dengan benar, kalian bisa lanjut install Ruby dengan command berikut ini :

Ubuntu

source ~/.rvm/scripts/rvm
rvm install 2.5.1

CentOS

rvm

Dan seperti langkah-langkah sebelumnya untuk memastikan Ruby telah terinstall kalian bisa menjalankan command berikut ini :

ruby --version

Kesimpulan

Ruby merupakan salah satu bahasa pemrogramanan dalam Object Oriented Programming (OOP) dan bahasa pemrograman dinamis. Saat ini Ruby telah banyak di gunakan sebagai bahasa pemrograman untuk pengembangan sebuah aplikasi website. Salah satu website yang dibangun Ruby adalah BukaLapak, yang mana base programmingnya menggunakan Ruby ini.

Jadi jika kalian sedang mengembangkan aplikasi berbasis Ruby dan tidak tahu bagaimana cara deploy ke server atau VPS jangan khawatir. Kami NimeTech.com siap memberikan layanan Jasa Setting VPS dan Jasa Manage VPS Custom bagi kalian developer Ruby