Cara Install Ruby on Rails di Linux [how to]

Cara Install Ruby on Rails - NimeTech.com

Apa itu Ruby on Rails

Apakah kalian sudah tahu tentang framework Ruby on Rails dan sudah pernah menggunakan framework ini? Ruby on Rails atau yang lebih dikenal Rails atau RoR merupakan salah satu framework yang menerapkan konsep MVC (Model-View-Controller) dan menggunakan Ruby sebagai base programmingnya. Cara install Ruby on Rails ini juga tergolong mudah dan yang terpenting di Linux kalian harus sudah terinstall Ruby terlebih dahulu, jika belum ada Ruby yang terinstall kalian bisa lihat artikel sebelumnya yaitu Cara Install Ruby di Linux. Dan untuk selanjutnya cara install Ruby on Rails di Linux kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Install Ruby on Rails

Untuk memulai install Ruby on Rails di Linux ada beberapa langkah yang harus di lakukan, berikut ini langkah-langkah cara install Ruby on Rails di Linux :

  1. Install dependencies

Untuk dependencies yang harus di install sebelum memulai install Ruby on Rails yaitu kalian harus install nodejs. Karena Ruby on Rails membutuhkan Javascript runtime untuk mengcompile Rails asset pipeline. Berikut ini command yang kalian bisa ikuti :

Ubuntu

curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_10.x | sudo -E bash -
sudo apt install -y nodejs

CentOS

yum -y install epel-release
yum -y install nodejs
  1. Install Rails

Setelah nodejsnya terinstall selanjutnya kalian bisa melakukan installasi Rails cukup dengan menggunakan command berikut ini :

gem update
gem install rails
  1. Basic command Rails

Karena Rails sudah terinstall kalian bisa coba menjalankan command cek versi Rails dengan command berikut ini :

rails --version

Jika muncul tampilan seperti ini artinya Rails sudah terinstall dengan benar.

Rails 5.2.3

Untuk command Rails yang perlu kalian ingat atau yang sering digunakan antara lain :

  • Generate App

Apabila kalian ingin membuat project baru kalian bisa menggunakan command berikut ini :

rails new yournameapp -d mysql

Untuk opsi -d mysql tersebut bisa kalian ubah, jika kalian menggunakan database postgresql kalian bisa ubah ke -d postgresql

  • Running local server

Dan ketika ingin menjalankan project Ruby on Rails dengan local server kalian bisa menggunakan command berikut ini :

rails server -p 8080

Pada opsi -p 8080 jika kalian tidak menggunakan opsi ini defaultnya ketika menjalankan rails server akan berjalan di port 3000

  • Generate database

Mungkin ketika membuat database untuk suatu aplikasi kalian perlu akses phpmyadmin atau perlu masuk ke mysql/postgresql command untuk menjalankan command create database dan lain sebagainya, tapi di Rails kalian cukup menjalankan command ini untuk generate database dan tablenya :

rails db:setup
rails db:migrate
  • Generate Controller/Scaffold

Jika kalian sebelumnya pernah menggunakan framework laravel pasti sudah tak asing untuk generate scaffold atau controllernya dengan menggunakan command. Di Ruby on Rails pun sama dengan laravel kalian bisa generate controller atau melalui command, berikut ini untuk commandnya :

rails g controller Post title:string body:text

Kesimpulan

Ruby on Rails merupakan framework yang menerapkan konsep Model View Controller (MVC) seperti framework-framework yang populer saat ini. MVC ini memudahkan developer untuk membuat aplikasi atau website karena menerapkan OOP (Object Oriented Programming) sebagai basenya.

Mungkin buat developer yang ingin deploy production aplikasinya namun tidak tahu cara setup di VPS atau servernya kami NimeTech.com menyediakan Jasa Manage VPS Custom dan Jasa Setting VPS untuk membantu deploy aplikasi kalian ke server