Cara Mengatasi Not Found di WordPress [Problem Solved]

Pengantar

Bagi kalian pengguna wordpress apakah pernah mengalami halaman Post atau Page error Not Found? Atau saat ini sedang mencari Cara Mengatasi Not Found di WordPress?. Hal ini biasanya disebabkan karena permalink yang rusak atau terdapat rule di .htaccess yang kurang atau salah.

Untuk memperbaikinya pun sebenarnya cukuplah mudah dan tidak terlalu rumit. Karena hanya perlu melakukan pengecekan pada permalink dan file .htaccess saja.

Cara Mengatasi Not Found di WordPress

Langkah pertama untuk memperbaiki error Not Found pada Post atau Page WordPress kalian bisa coba untuk re-save settingan permalink. Untuk re-savenya langkah-langkahnya yaitu :

  • Login ke wp-admin
  • Settings > Permalink
  • Klik Save

Cara Mengatasi Not Found di WordPress

Edit rule .htaccess

Apabila langkah pertama masih belum bisa menyelesaikan permasalah error Not Found pada Post atau Page di WordPress, maka kalian bisa coba untuk langkah kedua ini. Langkah kedua ini kalian perlu melakukan edit file .htaccess untuk mengembalikan rule .htaccess ke rule semula bawaan wordpress.

Untuk rule default .htaccess wordpress biasanya hanya seperti ini :


       # BEGIN WordPress
            
       RewriteEngine On
       RewriteBase /
       RewriteRule ^index\.php$ - [L]
       RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
       RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
       RewriteRule . /index.php [L]

       # END WordPress

Atau kalian bisa ke https://wordpress.org/support/article/htaccess/ untuk melihat lebih detail rule .htaccess wordpress.

Untuk mengedit file .htaccess apabila kalian menggunakan hosting, kalian bisa ke cPanel > File Manager. Oh ya, untuk file .htaccess ini biasanya terhidden atau tersembunyi untuk menampilkannya caranya :

  • klik Setting pada pojok kanan

show hidden files

  • Check list pada bagian Show Hidden Files (dotfiles)

show hidden files

  • Klik Save

 

Jika file .htaccess sudah muncul kalian bisa langsung melakukan edit filenya.

Di dalam file .htaccess tersebut nanti cukup kalian isikan rule default .htaccess untuk wordpress seperti ini saja.

Dan selanjutnya silakan kalian klik Save.

Pengujian

Jika sudah mengikuti langkah-langkah diatas, silakan kalian coba akses url Post atau Page kalian untuk mengecek apakah sudah bisa diakses lagi atau belum.

Kesimpulan

Sering kali apabila sudah mempunyai banyak Post atau Page pada wordpress ada salah satu Post atau Page yang error Not Found. Seolah-olah Post atau Page tersebut terhapus, sedangkan di wp-admin untuk Post atau Page tersebut masih ada. Cara Mengatasi Not Found di WordPress ini merupakan langkah-langkah untuk mengembalikan halaman Post atau Page tersebut yang dianggap hilang. Terdapat 2 langkah untuk mengembalikannya yaitu Re-save Permalinks melalui wp-admin dan Edit file .htaccess untuk mengembalikan rule .htaccess ke rule default .htaccess WordPress.