Cara Optimasi WordPress dengan Memcached & W3 Total Cache [how to]

Cara Optimasi Wordpress

Pengantar

Pernahkah saat mengakses website wordpress kalian terasa lambat dan lama loadingnya?. Apa sih penyebabnya website wordpress menjadi lambat dan lama loadingnya?. Hal ini biasanya disebabkan dari Theme dan penggunaan plugin yang banyak, apalagi kalau wordpressnya menggunakan woocommerce bahkan wordpress akan menjadi lebih berat dan lambat saat diakses. Lalu bagaimana Cara Optimasi WordPress agar ketika diakses menjadi lebih cepat?.

Untuk Cara Optimasi WordPress yang sering dilakukan pertama kali adalah dengan menginstall plugin Cache di wordpress. Apa sih fungsi Cache ini? Fungsi Cache digunakan untuk menyimpan data yang berupa string/text atau lainnya secara sementara untuk mengurangi beban load saat mengakses website. Untuk Optimasi WordPress menggunakan plugin Cache tersebut biasanya kami menggunakan plugin W3 Total Cache. Kenapa menggunakan plugin W3 Total Cache? karena dalam plugin tersebut ada beberapa pilihan method Cache yang ingin digunakan. Salah satu method yang akan digunakan pada artikel ini adalah dengan menggunakan Memcached. Apa itu Memcached? Kalian bisa baca di artikel sebelumnya yaitu Cara Install Memcached

Cara Optimasi WordPress

Sebelum memulai Cara Optimasi WordPress ada yang perlu dipersiapkan sebelum install plugin W3 Total Cache dan konfigurasinya. Hal tersebut adalah persiapkan dahulu Server untuk Memcached, apabila kalian mempunyai VPS atau wordpressnya ada di sebuah VPS kalian bisa langsung Install Memcached di Servernya dan silakan kalian baca artikel kami Cara Install Memcached untuk install memcached dan konfigurasinya. Atau kalian bisa cari hosting yang mempunyai fitur Memcached seperti DomaiNesia

Install Plugin W3 Total Cache

Untuk install plugin W3 Total Cache kalian bisa install melalui wp-admin > Plugins > Add New > Search ‘W3 Total Cache

Cara Optimasi WordPress

Klik ‘Install Now‘ dan Klik ‘Activate‘ untuk mengaktifkan pluginnya.

Setting Plugin W3 Total Cache

Kemudian untuk konfigurasi/setting plugin W3 Total Cache, pertama kalian bisa ke Perfomance > General Settings

Cara Optimasi WordPress - Setting W3 Total Cache

Dibagian ini kalian harus melakukan setting pada 3 bagian yaitu Page Cache, Database Cache, dan Object Cache

  • Setting pada General Settings > Page Cache > Pada Page Cache Method > Ubah ke Memcached

  • Setting pada General Settings > Database Cache > Pada Database Cache Method > Ubah ke Memcached

  • Setting pada General Settings > Object Cache > Pada Object Cache Method > Ubah ke Memcached

Jika sudah setting ketiganya silakan kalian klik Save all Settings, kemudian lanjutkan settingannya pada halaman setting Page Cache, Database Cache, dan Object Cache seperti berikut ini :

  • Settingan lanjutan pada Page Cache kalian bisa ke Perfomance > Page Cache > Advanced > Ubah value pada Memcached hostname:port / IP:Port menjadi seperti ini :

Kemudian klik Save all settings atau klik Save settings and Purge caches

  • Settingan lanjutan pada Database Cache kalian bisa ke Perfomance > Database Cache > Advanced > Ubah value pada Memcached hostname:port / IP:Port menjadi seperti ini :

Kemudian klik Save all settings atau klik Save settings and Purge caches

  • Settingan lanjutan pada Object Cache kalian bisa ke Perfomance > Object Cache > Advanced > Ubah value pada Memcached hostname:port / IP:Port menjadi seperti ini :

Kemudian klik Save all settings atau klik Save settings and Purge caches

Pengujian

Untuk pengujiannya kalian bisa akses website kalian, kemudian klik Kanan > Inspect Element untuk melihat di Inspect Element, apabila pada bagian bawah script website pada Inspect Element muncul seperti ini :

Cara Optimasi WordPress - Cek W3 Total Cache

Artinya wordpress kalian telah berhasil menggunakan W3 Total Cachenya.

Kesimpulan

Dengan menggunakan W3 Total Cache yang dipadukan dengan Memcached maka akan mengurangi beban load pada website ketika diakses. Cache yang dibuat oleh Memcached dengan menggunakan W3 Total Cache biasanya mengambil data terkait page, database, dan object dan data-data ini di simpan sementara pada folder cache dalam wp-content. Apabila terdapat perubahan baik itu update tampilan atau data, maka perlu menghapus cache terlebih dahulu dari W3 Total Cache agar membuat cache yang baru. Cara Optimasi WordPress ini juga langkah yang tepat untuk membuat website wordpress kalian menjadi lebih ringan saat diakses.