Remote PostgreSQL di pgAdmin 4 melalui SSH Tunneling

Remote PostgreSQL di pgAdmin 4 melalui SSH Tunneiing

Pengantar

PostgreSQL merupakan salah satu aplikasi Database storage yang sering digunakan. Saat ini PostgreSQL menjadi salah satu alternatif Database selain MySQL. Pada artikel sebelumnya Cara Install PostgreSQL di VPS telah di bahas bagaimana cara install PostgreSQL.

Seperti yang kita ketahui saat ini pgAdmin telah release sampai versi 4 atau yang lebih sering di sebut pgAdmin 4. pgAdmin 4 adalah salah satu tools database management PostgreSQL dengan interfacenya yang menggunakan web based view sehingga membuatnya lebih user friendly. Seiring perkembangannya banyak para Developer menggunakan PostgreSQL sebagai Database Storage website dan sering melakukan remote SQL dari Database Server dengan menggunakan pgAdmin. Di artikel kali ini akan membahas terkait Remote PostgreSQL di pgAdmin4 melalui SSH Tunneling.

Remote PostgreSQL di pgAdmin 4 melalui SSH Tunneling

Untuk melakukan remote PostgreSQL di pgAdmin 4 ini kita akan mencoba melakukan remote melalui SSH Tunneling. SSH Tunneling ini bisa dilakukan di Windows ataupun di Linux, untuk di Windows biasanya harus menggunakan applikasi Putty sebagai SSH Tunnelingnya. Sedangkan di Linux bisa langsung melakukan SSH Tunneling melalui Terminal/Consolenya. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan Remote PostgreSQL di pgAdmin4 melalui SSH Tunneling

1. SSH Tunneling

Sebelum melakukan remote PostgreSQLnya pertama kalian harus membuat SSH Tunneling dengan cara berikut ini :

  • Linux

Di Linux untuk membuat SSH Tunneling kalian bisa jalankan command berikut ini di Terminal/Consolenya :

ssh geekwebi@ssh.nimetech.com -p 64000 -L 5432:localhost:5432


Note
:
ssh geekwebi@ssh.nimetech.com : command ssh dengan informasi username geekwebi dan host server ssh.nimetech.com
-p 64000 : Port SSH yang di setting ke port 64000
-L 5432:localhost:5432 : Option command tunneling di port 5432 dan tujuan remote tunneling pada locahost yang ada di server remote dengan port tujuan 5432

  • Windows

Sedangkan di Windows untuk membuat SSH Tunneling bisa menggunakan Putty sebagai tools SSHnya. Berikut ini setting SSH Tunneling di Windows dengan Putty

Di bagian Session, silakan anda isikan Host Name(or IP Address) dan Port sesuai dengan informasi server kalian, misal di isi seperti berikut ini :
Remote PostgreSQL di pgAdmin4 melalui SSH TUnneling

Selanjutnya kalian bisa ke Connection > SSH > Tunnels, pada bagian ini kalian bisa isikan Source Port dengan port 5432 dan Destination dengan tujuan yaitu localhost:5432 kemudian kalian klik Add dan hasilnya akan seperti berikut ini :

Kalau sudah kalian klik Open dan nanti akan muncul command prompt seperti berikut ini yang meminta username dan password login SSH

2. Remote PostgreSQL

Setelah berhasil membuat SSH Tunneling kalian bisa coba melakukan Remote PostgreSQL di pgadmin4, tapi sebelumnya pastikan dahulu pgAdmin4 servicenya telah berjalan. Selanjutnya kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan Remote PostgreSQL :

Pertama, kalian harus menambahkan dahulu dengan klik Add New Server seperti yang ada di screenshot berikut ini :

Remote PostgreSQL di pgAdmin4 melalui SSH Tunneling

Kemudian akan muncul Dialog box setting seperti berikut ini, di bagian Name kalian bisa isi dahulu dengan nama remote server kalian.

Remote PostgreSQL di pgAdmin4 melalui SSH Tunneling

Lalu buka tab menu Connection untuk melakukan setting remote PostgreSQLnya, pada bagian Host name/address kalian isikan saja localhost dan di Port kalian isikan port 5432 yang mana ini port tunneling yang kalian buat sebelumnya. Semisal sebelumnya kalian membuat port tunnelingnya di port lain contohnya 5433 maka di bagian Port ini kalian juga masukan port 5433. Untuk bagian Maintenance Database,Username, dan Password bisa kalian sesuaikan dengan nama database, username dan password PostgreSQL yang ada di server kalian.

Remote PostgreSQL di pgAdmin4 melalui SSH Tunneling

Jika sudah silakan klik Save dan nanti akan langsung terkoneksi untuk remote PostgreSQL di server kalian seperti ini :

Kesimpulan

Untuk melakukan Remote PostgreSQL ada berbagai cara salah satunya melalui SSH Tunneling. Hal ini dapat di lakukan apabila di sisi servernya melakukan blocking out port PostgreSQL sehingga port PostgreSQLnya tidak bisa diakses dari luar. Jadi sebagai alternatifnya yaitu Remote PostgreSQL di pgAdmin 4 melalui SSH Tunneling seperti yang ada di artikel ini.